PROPOSAL RUMAH KITAB PUSAT REFERENSI BACAAN ISLAM & RAB

PROPOSAL

RUMAH KITAB

PUSAT REFERENSI BACAAN ISLAM

 

  1. Latar Belakang

Membaca adalah perintah pertama yang Alloh berikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagaimana terdapat dalam Al-Quran Surat Al-‘Alaq ayat 1 – 5.  Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyatakan bahwa yang dimaksud perintah iqra dalam al-Quran adalah bentuk nikmat Alloh SWT yang diberikan kepada manusia, karena dengan membaca maka manusia memiliki ilmu pengetahuan dan dengan ilmu pengetahuanlah manusia dimuliakan sebagaimana bapak manusia Nabi Adam as diistimewakan atas para malaikat karena ilmu pengetahuan.

Membaca menjadi keniscayaan bagi para penutut ilmu dan bagi seorang muslim yang ingin memperbaiki agamanya. Akan tetapi saat ini di kalangan kaum muslimin terdapat kendala tersendiri terkait tempat yang dapat dijadikan pusat referensi bacaan, baik untuk kalangan santri-santri dari pesantren maupun para pelajar dan mahasiswa yang memudahkan mereka untuk mendapatkan referensi kitab-kitab yang bersumber dari berbagai ulama besar yang ada dibelahan benua yang ada.  Kitab-kitab ini sangat terbatas dan sulit untuk dijangkau bagi santri, pelajar maupun mahasiswa yang sedang membutuhkan, belum lagi dari segi harganya yang mahal.

Rumah kitab ini nantinya selain dilengkapi dengan berbagai macam kitab-kitab yang asli berbahasa arab, juga akan dilengkapi dengan kitab-kitab berbahasa indonesia.  Selain itu juga di dalam rumah kitab direncanakan dibuat kelas-kelas bimbingan cara membaca kitab-kitab klasik berbahasa arab sehingga memudahkan bagi kaum muslimin untuk dapat mempelajari berbagai macam kitab yang ada.

Kedepannya rumah kitab tidak hanya menyediakan referensi bacaan kitab. Berbagai macam informasi dan bukti-bukti tertulis mapun catatan-catatan serta audio dokumenter yang terkait dengan dunia islam, sejarah dan perkembangannya juga disediakan, sehingga generasi islam akan mendapatkan informasi yang benar dan dapat dipercaya serta mampu menangkal pembusukan-pembusukan islam baik dari dalam maupun dari luar islam dengan cara merusak citra islam dan mengkaburkan sejarah.

Sejarah islam menjadi penting karena dari sejarahlah dapat diketahui peran dan sepak terjang agama islam menyebar ke seluruh dunia selama ini sejak dahulu kala, yang tentunya akan memberikan informasi yang shahih bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang islam dan sejarahnya, selain juga untuk media pencerdasan umat agar tidak terpengaruh oleh ghozwul fikri yang secara masif sedang terjadi untuk menjauhkan generassi islam dari al-Quran dan ulama. Untuk itulah kami dari Yayasan Guru Ngaji Indonesia berkeinginan membuat suatu wadah yang dapat menampung setetes dari lautan ilmu yang ada dalam agama islam berupa rumah kitab.

 

  1. Maksud Tujuan
  2. Maksud dan Tujuan Proyek
    1. Pengadaan Rumah Kitab.
    2. Menyediakan fasilitas kelas bimbingan membaca kitab klasik.
    3. Menjadikan pusat referensi bacaan islam yang shahih dan lengkap.
    4. Sebagai wadah informasi dunia islam dan sejarahnya.
  1. Meningkatkan kecerdasan umat melalui gemar membaca.
  2. Membentengi umat dengan memberikan informasi yang benar dan dapat dipercaya.
  3. Melakukan penawaran kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan terkait pemanfaatan rumah kitab.

 

  1. Rencana Kegiatan

Kegiatan pengadaan rumah kitab yang dimaksudkan adalah Gedung rumah kitab terdiri dari beberapa bagian yaitu :

  1. Ruangan untuk perpustakaan yang dipisah untuk setiap jenis kitabnya.
  2. Ruangan untuk kelas bimbingan belajar membaca kitab klasik.
  3. Ruangan untuk mushola.
  4. Ruangan aula untuk pertemuan.
  5. Ruangan untuk kantin / cafetaria
  6. Toilet ikhwan dan akhwat
  7. Kantor pengelola

 

Untuk ruang perpustakaan diberikan pendingin ruangan yang cukup dan sistem rak yang memadai dengan kelengkapan ruang baca yang nyaman.  Sedangkan untuk ruang kelas bimbingan belajar membaca kitab klasik dilengkapi dengan meja dan kursi yang cukup.

Untuk kantin / cafearia sebagian keuntungannya dapat digunakan untuk biaya operasional rumah kitab.

 

  1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu pelaksanaan pengadaan rumah kitab direncanakan mulai pada Tahun 2018 di wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang atau Bekasi (Jabodetabek).

 

  1. Pendanaan

Kegiatan pengadaan rumah kitab ini diharapkan dari para donatur yang tidak mengikat atau bekerjasama dengan para investor dari kalangan kaum muslimin, karena dapat dikembangkan untuk memiliki lembaga pendidikan nantinya.

Download: RAB Proposal Rumah Kitab 2018

  1. Penutup

Pengadaan gedung dan sarana prasarana rumah kitab ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk dakwah islam dan menjadi catatan kebaikan di sisi Alloh SWT serta dapat menjadi wasilah pencerdasan umat melalui sarana bacaan yang lengkap dan terpercaya.

Mudah-mudahan kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana ladang amal untuk berbuat kebaikan dari para donatur maupun investor yang ingin bersumbangsih dalam membesarkan kejayaan umat islam melalui gemar membaca.

Bogor,   04 Januari 2018

Mengetahui,                                                             Yayasan Guru Ngaji Indonesia

Pembina                                                                                  Ketua

Sarifudin Joko Wassono, SE, M.Ak                         Yasin Nuntoro, S.Pd,

 


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *